Translate

Thursday 1 March 2012


LAPORAN PENGAMATAN
“BISNIS CENTER MANDIRIKU DALAM BERWIRAUSAHA”





DI SUSUN OLEH :
XII APK 1


NAMA ANGGOTA:
AINIA TRISTIN .F. (03)
ARIK BUDI DAMAYANTI (06)
DEWI NUR RUQOIYAH (11)
DIANA SULIS (13)
DYAH WAHYU LESTARI (14)



SMK NEGERI 1 JOMBANG
Tahun ajaran 2011/2012




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ….………………………………………………………………………………………………………... iii
DAFTAR ISI ...……………………………………………………………………………………...... iv
BAB I.  PENDAHUL……………………………………………………………………...................... 1
1.Latar belakang ….………………………………………………………………………………….... 1
2.     .2. Batasan masalah ……………………………………………………………………………………... 2
3.     .3.Rumusan masalah …………………………………………………………………………………...... 2
4.     4. Tujuan penulisan ………...…………………………………………………………………………..... 2
5.      5.Manfaat ……………………………………………………………………………………………... 3
6.    6.  Metode ………………………………………………………………………………………………. 3
BAB II.   PEMBAHASAN…………………………………………………………………………………….... 3
1.1   Penjelasan tetantang bisnis center ….........………………………………………………… 3
      2.1Tujuan didirikannya bisnis center ……………………...…………………………………….3
      3.1 Program kerja yang ada di bisnis center ………………....………………………………….3
      4.1 Peran bisnis center terhadap pengembangan kemandirian dalam berwirausaha bagi para                        siswa …..................................................................................................................................4
      5.1 Cara pembayaran dibisnis center ada dua cara yaitu …..…………………………………… 4
BAB III. PENUTUP .…………………………………………………………………………………. 4
1.       1.Simpulan …………………………………………………………..................................................... 4
       2.Kritik dan saran  …………......................………………………………………………………........5
DAFTAR PUSTAKA …..........................………………………………………………………….......5
 
 
iv



KATA PENGANTAR
           

           Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun Laporan Pengamatan Bisnis Center untuk tugas Bahasa Indonesia.
            Seiring dengan persaingan kerja di era yang semakin berkembang ini,para siswa dituntut untuk bisa menciptakan lapangan kerja dalam bidang berwirausaha agar terciptanya wirausahawan muda yang mandiri dan sukses dalam menjalankan usahanya.
            Pemerintah berharap dengan adanya bisnis center di lingkungan sekolah para siswa dapat lebih mandiri dan termotivasi dalam berwirausaha.Sehingga pelajar mampu memiliki seperangkat kompetensi dalam berwirausaha.
            Di jiwai semangat tersebut Laporan Pengamatan Bisnis Center ini hadir guna memberi dan mengarahkan proses pembelajaran siswa terhadap kemandirian dalam berwirausaha.
            Kami menyadari masih ada kekurangan dalam penyajian Laporan Pengamatan Bisnis Center ini.Oleh karena itu,kritik dan saran yang bersifat membangun  dari Laporan Pengamatan ini akan kami terima dengan senang hati.
            Akhirnya kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam penyusunan Laporan Pengamatan ini.Semoga bermanfaat.Amin!

                                                                                                                        Tim Penyusun,

 
 
iii






BAB I : Pendahuluan


1.Latar belakang
            Di SMK Negeri 1 JOMBANG mengajarkan kepada murid-muridnya tetang bagaimana menjadi wirausahawan yang sukses dan mandiri.Tidak hanya jurusan pemasaran tetapi semua jurusan yang ada di SMK Negeri 1 JOMBANG di ajarkan tetang wirausaha.SMK Negeri 1 JOMBANG juga mendirikan sebuah unit usaha yang dikelolah sendiri oleh SMK Negeri 1 JOMBANG untuk lebih meningkatkan kemandirian berwirausaha bagi siswa-siswinya.Unit usaha itu bernama BISNIS CENTER BIMA.      
            Bisnis center adalah sebuah sarana yang ada di SMK Negeri 1 JOMBANG,bisnis center berguna untuk melatih para siswa SMK Negeri 1 JOMBANG agar memiliki jiwa wirausaha ,jiwa wirausaha perlu di tanamkan agar para siswa bisa mengahadapi dunia kerja karena siswa belum pasti dapat bekerja sesuai dengan progam keahlihannya masing-masing,bisa di bilang ini untuk antisipasi sekolah agar para  siswa  lebih siap menghadapi dunia kerja selepasnya keluar dari SMK Negeri 1 JOMBANG.Dan memberikan kretivitas bagaimana untuk menghadapi dunia luar tentang  cara berwirausaha sehingga bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam terjun ke dunia kerja yang berada di luar sekolah.
            Bisnis center juga bertujuan untuk membantu kegiatan pembelajaran di sekolah Juga menjadikan sekolah sebagai institusi wirausaha yang mampu mengelola modal yang di berikan menjadi lebih baik, berguna dan memperoleh keuntungan. Kegiatan Bisnis Center ini menjual barang-barang  konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari, dengan konsumennya adalah warga sekolah, dan luar sekolah. Bisnis Center melayani pembelian barang dengan partai besar (harga Grosir) dan memberikan pelayanan mengantar barang sampai ke tempat, juga senyum, salam, sapa, sopan dan santun merupakan andalan kami.
            Sarana unit produksi sekolah dan sebagai tempat (Laboratorium) bagi para peserta didik untuk melaksanakan praktek penjualan. Dengan demikian mengembangkan kualitas dan motivasi siswa untuk meningkatkan nilai tambah yang diperoleh dari keterampilan yang dimiliki dalam mengembangkan kewirausahaan secara kuantitas lebih tinggi, disisi lain pemerintah memprogramkan peningkatan pembinaan generasi muda melalui kegiatan-kegiatan berwirausaha, agar menghasilkan tamatan yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.
            Atas dasar tersebut maka SMK Negeri 1 JOMBANG merespon peningkatan kemampuan berwirausaha yang mengarah kepada kreativitas dan inovasi dalam pengembangan bakat prestasi  serta pengembangan kepribadian peserta didik.Bisnis center juga bekerja sama dengan pabrik-pabrik dan mitra usaha yang lainnya guna mendapatkan harga yang jauh lebih murah sehingga siswa bisa mendapatkan untung dari hasil penjualan.
 
1





2.Batasan masalah
Bisnis center merupakan icon SMK Negeri 1 JOMBANG yang dimana para siswanya di didik untuk berwirausaha yang mampu membuat siswa lebih termotivikasi dan mandiri dalam berwirausaha karena belum tentu setelah lulus sekolah para siswa bekerja sesuai dengan bidang jurusannya,diera persaingan dunia kerja yang sangat ketat para siswa dituntun untuk bisa menciptakan lapangan kerja dengan cara berwirausaha.Oleh karena itu,bisnis center menuntut siswa untuk mandiri dalam berwirausaha.Karena keterbatasan suatu lingkup masalah kami hanya bisa membahas peran bisnis center dalam mengembangkan kemandirian berwirausaha.
3.Rumusan masalah
1.Apakah bisnis center itu?
2.Apa tujuan didirikannya bisnis center?
3.Program kerja  apa saja yang ada di bisnis center yang dapat menunjang kemandirian berwirausaha?
4.Bagaimana peran bisnis center terhadap pengembangan kemandirian siswa dalam berwirausaha?
5.bagaimana cara pembayaran di bisnis center?
4.Tujuan penulisan
            1.1Mengetahui tentang peran bisnis center dalam pengembangan kemandirian siswa dalam berwirausaha.Bisnis center mendidik para siswa di SMK Negeri 1 JOMBANG untuk mandiri dalam berwirausaha agar siswa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus sekolah dan siswa bisa mendirikan usaha sendiri serta dapat menciptakan lapangan kerja.
            1.2Mengetahui program apa yang ada di bisnis center.Didalam bisnis center banyak sekali program kerja yang mendukung para siswanya agar mandiri dalam berwirausaha.Semua program itu akan diajarkan kepada setiap siswa agar siswa lebih mengerti bagaimana cara menjadi wirausahawan yang mandiri
            1.3Mengetahui bagaimana cara pembayaran yang ada dibisnis cente.Dengan mengetahui cara pembayaran yang ada di bisnis center di SMK Negeri 1 JOMBANG para siswa dapat melaksanakan transaksi pembayaran dengan baik dan benar.
 
2
 


5.Manfaat
Lebih mengetahui secara spesifik keadaan di bisnis center beserta manfaat dan kegunaanya bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 JOMBANG dalam  mengembangkan jiwa mandiri berwirausaha dan lebih menghargai adanya bisnis center di sekolah.
6.Metode
Melalui wawancara dengan pegawai bisnis center.
Mengamati secara langsung di bisnis center.
Langsung membeli barang di bisnis center untuk mengetahui cara pembayaran
                                                                                                                                                                                                                                                                                               

BAB II            : Pembahasan
1.1 Penjelasan tetantang bisnis center
Bisnis center adalah Icon SMK Negeri 1 JOMBANG dalam berwirausaha yang dikelolah oleh SMK Negeri 1 JOMBANG untuk mengembangkan kemandirian dalam berwirausaha bagi seluruh siswa-siswi didalamnya.Selain itu bisnis center juga memotivasi para siswanya untuk menjadi wirausahawan yang baik dan sukses.Bisnis center juga diuntukkan praktik para siswa dan untuk pemutaran modal .Bisnis center ini  didirikan pada tahun 2000 dan dimulai dengan modal 0.Yang meminjami modal adalah bank mini dan para suplayer.Dan pada tahun 2009-2010 mendapatkan modal dari Dirjen PSMK Rp 250.000.000,00.Pada tahun 2010 nama bisnis center diganti menjadi BISNIS CENTER BIMA.
2.1 Tujuan di dirikannya bisnis center
 Bisnis center di dirikan bertujuan untuk mengembangkan kemandirian setiap siswa-siswi di SMK Negeri 1 JOMBANG dalam berwirausaha.Selain itu bisnis center mengajarkan tentang bagaimana tata cara menjual barang dan cara promosinya agar mendapatkan laba.Serta meningkatkan motivasi para siswa dalam berwirausaha dan lebih bertanggung jawab terhadap cara berbelanja suatu barang di bisnis center.Bisnis center juga digunakan untuk praktik kewirausahaan para siswa tidak hanya jurusan pemasaran tetapi semua jurusan di SMK Negeri 1 JOMBANG dan untuk pemutaran modal yang ada di bisnis center.
3.1 Program kerja yang ada di bisnis center
1.       mengadakan kerjasama dengan pihak luar
2.      Memberikan bimbingan siswa praktik
3.      Membuat recana pengadaan barang
4.     

Memonitor omzet penjualan
5.      Membuat laporan keuangan
 
3
 
 
1

-.      melaksanakan pembelian barang
2.      Melaksanakan penjualan
3.      Membuat laporan keuangan
4.      Melaksanakan kegiatan kewirausahaan
4.1 Peran bisnis center terhadap pengembangan kemandirian dalam berwirausaha bagi para siswa.
Bisnis center digunakan untuk praktik para siswa di SMK Negeri 1 JOMBANG. Terciptanya kemandirian dalam diri setiap siswa karena sekolah menargetkan para siswa untuk menjual barang dari bisnis center  sebesar Rp 200.000,00 perbulan.Sehingga para siswa harus kreatif dalam memasarkan barang dagangannya agar mendapatkan pelanggan dan laba.Para siswa dapat menjual barang dagangannya dilingkungan sekolah manapun di perkampungan,perumahan,perusahaan ataupun instansi.
5.1 Cara pembayaran dibisnis center ada dua cara yaitu
1.Tunai (langsung membayar).Para siswa yang membayar akan diberi struck(tanda bukti pembayaran)secara tunai.
2.Kredit dengan masa bayar selama tiga hari setelah pengambilan barang.Setiap siswa yang membayar dengan cara kredit diberi faktur pembayaran dan menandatangani faktur tersebut sebagai tanda terima.Faktur tersebut ada dua yang satu berwarna putih dan satunya berwarna merah mudah.Faktur yang berwarna merah muda disimpan oleh pihak bisnis center dan yang putih disimpan oleh siswa.


BAB III : Penutup
1.Simpulan
Bisnis center merupakan icon SMK Negeri  1 JOMBANG yang dikelolah sendiri oleh sekolah.Didirikan pada tahun 2000 yang dimulai dengan modal 0 dan mendapat pinjaman dari bank mini dan para suplayer.Bisnis center juga diperuntukkan sebagai praktik kewirausahaan bagi seluruh Siswa SMK Negeri 1 JOMBANG.Dimana siswa-siswi ditarjet  membeli barang setiap bulannya sebesar Rp.200.000,00 dan menjual barang tersebut diluar kalangan baik diperkampungan,perumahan,atau ditempat-tempat lain.Para siswa haruslah kreatif dalam menawarkan barang kepada konsumen agar konsumen tertarik dan ingin membeli barang yang dijualnya.Sedangkan cara pembayaran dibisnis center sendiri ada dua cara yaitu dengan cara tunai dan kredit  dengan masa bayar tiga hari setelah pengambilan barang.Dengan adanya bisnis center para siswa-siswi diharapkan lebih termotivasi dan mandiri dalam berwirausaha.
 
4
 
 
2.Kritikan dan saran
Adanya bisnis center di SMK Negeri 1 JOMBANG ini sangat baik karena para siswa dapat termotivasi  dan lebih mandiri dalam berwirausaha.Selain itu bagi para siswa yang memiliki jiwa wirausahawan yang tinggi lebih tertantang dan bersemangat dalam menjual barang dagangannya.Dan bagi para siswa yang kurang suka berjualan akan merasa tertarik untuk berwirausaha karena juga ingin mendapatkan laba dari hasil berjualan barang di bisnis center.

Daftar pustaka
 
 
5
 
sumber :dewinurkarisakyuhyun.blogspot.com 

1 comment: