Translate

Friday 2 March 2012

Syarat-syarat password yang benar


Password (kata sandi) merupakan kata yang sangat penting di dunia internet. Maklum dalam kegiatan didunia maya, kita seringkali harus menuliskan password itu manakala kita akan mendaftar sebagai member suatu situs.

Konon, bagi yang sudah ahli, sehebat apapun password itu bisa dibongkar jika usernya terlalu ceroboh dalam membuat dan menggunakannya. Oleh karena itu sering diingatkan agar tidak membuat sandi dengan karakter yang mudah di-otak-atik oleh pembongkar sandi. Nama asli, tanggal lahir, nama bintang, nama ayah, nama ibu dan lain-lain disarankan untuk tidak digunakan sebagai password secara berdiri sendiri.

Tom Stamulis dalam artikelnya berjudul How to Make Password Changes Like Clockwork menyarankan untuk membuat sandi dengan jumlah dan jenis karakter yang berbeda-beda sesuai tingkat kerawanannya. Tom Stamulis membagi tiga cara membuat password dikaitkan dengan kerawanan situs yang kita kunjungi dan dampaknya terhadap kita.

1. Low Level (Tingkat Rendah), digunakan pada situs yang jika kita menggunakan password bisa membahayakan identitas kita tetapi tidak berdampak pada masalah keuangan, misalnya blog, situs berita dan sejenisnya. Password yang digunakan panjangnya minimal 6 karakter dan mengandung setidaknya campuran huruf besar dan huruf kecil.

2) Medium Level (Tingkat Menengah) – digunakan pada situs yang jika kita gunakan password bisa menimbulkan kerugian yang signifikan dengan identitas kita dan kemungkinan berdampak keuangan (misalnya investasi non-broker situs, situs kesehatan, email pribadi, dll). Password yang di sarankan panjangnya antara 6 dan 8 karakter dan mengandung setidaknya campuran huruf besar, huruf kecil, dan angka.

3) High Level (Tingkat Tinggi) – digunakan pada situs yang apabila kita gunakan password akan menyebabkan bahaya serius dengan identitas kita, kesejahteraan dan keuangan (misalnya, perbankan, broker situs, belanja online dengan kartu kredit yang didaftarkan di file, dll).  Password yang disarankan panjangnya minimal 8 karakter dan berisi campuran huruf besar, huruf kecil, angka, dan setidaknya satu karakter khusus.

Satu hal yang harus diperhatikan, buatlah password yang mudah diingat tetapi tidak mudah diterka atau diotak-atik oleh pihak lain.

1 comment: