Translate

Saturday 2 March 2013

Contoh pidato islam " Kewajiban Menuntut Ilmu "

Assalamu'alaikum warahmatullahiwabarakaatuh

     Hadirin sekalian yang berbahagia. Untuk mengawali jumpa pada siang hari ini, marilah kita bersama-sama mengucapkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan limpahan rahmatNya kita dapat berkumpul disini.
     Tidak lupa shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, karena dengan rahmatnya kita bisa membedakan mana yang haq dan mana yang bathil.

     Hadirin sekalian yang berbahagia.
Setiap muslim diwajibkan baginya untuk mencari ilmu pengetahuan sebagaimana sabda Nabi SAW dalam sebuah hadist yang artinya :
Menuntut ilmu wajib bagi orang islam laki-laki dan islam perempuan.

     Jadi menuntut ilmu merupakan hal yang diwajibkan bagi kita umat islam sekalipun jauh dan berada di negeri cina . Sabda Nabi SAW yang artinya :
Tuntutlah ilmu walaupun dinegeri cina

     Oleh karena itu kita harus mempunyai jiwa semangat dalam menuntut ilmu, agar ibadah kita benar-benar berdasarkan ilmu , tidak semaunya saja. Orang shalat haruslah berdasarkan ilmu, sehingga tahu hal-hal yang membatalkan shalat. Orang berpuasa haruslah berdasarkan ilmu, agar puasa yang dilakukan tidak sia-sia. Jadi segala sesuatu pekerjaan yang dilakukan seseorang itu ada ilmunya. Dan seseorang mempunyai ilmu karena didapatkan dari belajar yang serius. Oleh karena pentingnya masalah ilmu pengetahuan sehingga umat islam diwajibkan untuk mencari ilmu dimanapun.

     Tapi kita harus ingat, bahwa setelah kita mencari ilmu maka berkewajiban untuk mengamalkan dalam kehidupan ini, bila seseorang berilmu banyak kemudian tidak mau mengamalkannya maka ilmunya tidak bisa memberi manfaat kepada orang lain. Ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah.

     Semoga kita selalu sadar untuk mencari ilmu pengetahuan, karena merupakan suatu kewajiban orang islam. Semoga kita dalam menuntut ilmu senantiasa mendapat ridho Allah SWT dan bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

     Demikian pidato pada kesempatan hari ini mudah-mudahan apa yang saya sampaikan tadi membawa manfaat kepada kita semua. Amin....

Billahit taufik walhidayat. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

5 comments: