Translate

Sunday 17 February 2013

contoh proposal

Kata pengantar


Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa.Karena atasrahmatNya.Saya dapat menyelesaikan proposal usaha ini untuk tugas membuka usaha mandiri.
Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam membuat proposal dan saya berharap agar semua pihak dapat memberikan kritik dan saran kepada saya agar saya dapat meningkatkan kualitas pada penyelesaian proposal ini.
Saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyusun proposal ini.


Malang, 23 Januari 2013


Penyusun





                                                                  DAFTAR ISI



1.BAB I PENDAHULUAN
2. BAB II PRODUKSI
3. BAB III ASPEK PEMASARAN
4. BAB IV ANALISIS SWOT
5. BAB V PENUTUP






                                                                         BAB I
                                                               PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Untuk mengundang program pendidikan.Khususnya perkembangan yang bertumpah pada kegiatan membauka usaha mandiri maka diperlukan informasi pengetahuan,keterampilan dan pengalaman kewirausahaan yang harus di gali oleh siswa
1.2 Tujuan
         ·            Mencapai keberhasilan usaha .
         ·            Memperoleh laba sendiri dalam pembuatan produk.
         ·            Untuk bekal membuka usaha,jika lulus sekolah nanti.
1.3 Strategi Pemasaran
         ·            Dengan kekuatan yang dimiliki,sehingga seseorang wirausaha dapat mengukur potensi.
         ·            Dengan melihat kelemahan yang ada pada dirinya sehingga wirausahawan dapat memilliki kekurangan dengan cara belajar dengan giat.
         ·            Dengan melihat peluang yang ada.




 
BAB II
PROSES PRODUKSI


II.1 Tempat produksi
  Produk ini diproduksi di DSN.SARIKELAPA  DS.REJOSARI

II.2 Alat                                                       Bahan
1. Cetakan                                                    1.  5 gr ragi instan
2. Sutil kecil                                                  2. 50 cc air hangat
3. Kompor                                                    3. 30 gr tepung terigu
4. Sendok                                                     4. 500 cc santan
5. Gas elpiji                                                  5. 100gr gula santan
6. Baskom
7. Saringan

II.3 Cara pembuatan
1. Campur adonan dengan tepung beras dan gula pasir,aduk rata
2. Tuangkan santan sedikit demi sedikit,sambil diaduk hingga rata dan diamkan adonan hingga mengembang + 30 menit
3. Panakan wajan kecil cekung,olesi dengan sedikit minyak agar tidak lengket.Lalu tuangkan 1 sendok sayur adonan pada wajan yang telah dipanaskan.Tutup wajan dan masak dengan api sedang hingga matang.

11.4 Tenaga kerja
Mengingat pekerjaan ini tidak terlalu sulit,maka saya hanya melibatkan 2 orang dalam memproduksi yaitu saya dan ibu.

II.5 Anggaran Biaya
         ·            5gr ragi instan                                     Rp 3.000
         ·            30gr tepung beras                                Rp 2.000
         ·            100gr gula pasir                                   Rp 2.000
         ·            gas elpiji                                             Rp 1.000+
                                                          Rp 8.000
Pengeluaran Rp 8.000
Memproduksi 40 biji
Harga jual 500
40 biji X 500 = 20.000
laba = Rp 12.000



                                                             BAB III
                                                ASPEK PEMASARAN


III.1 Pasar yang dituju
·         Jangka pendek : Saya memasarkan barang di SMKN 1 MALANG,karena jumlah konsumen yang terdapat disana cukup banyak.
·         Jangka panjang
Dalam sasaran jangka panjang,saya akan memasarkan barang dilingkungan tempat tinggal saya dan menitipkan diwarung-warung.

III.2 Situasi persaingan
Pada saat ini banyak orang yang membuka usaha dibidang makanan seperti produk saya.
Para wirausahawan berlomba-lomba untuk menawarkan makanan yang mereka produksi dan membuat suatu inovasi-inovasi lain untuk meningkatkan daya beli konsumen,seperti siswa.
  Persaingan sangat banyak dan sangat ketat karena siswa SMKN 1 MALANG banyak yang melakukan hal ini untuk memenuhi tugas ujian praktik kejuruan.

III.3 Strategi pemasaran /promosi
Promosi saya lakukan dengan cara mendatangi konsumen secara langsung agar konsumen membeli produk yang saya tawarkan.Dan saya selalu berusaha jujur dalam menjual setiap produk yang saya tawarkan.Agar konsumen merasa puas dengan produk yang saya tawarkan.




BAB IV
ANALISIS SWOT


IV.1 Strenght (kekuatan)
·         Produk mengandung giziyang sangat baik bagi tubuh.
·         Tidak mengandung zat kimia dan pemanis buatan .
·         Tampilan yang menarik dan menambah ketertarikan para konsumen untuk membeli.
·         Harga produk yang terjangkau.

IV.2 Weakness (Kelemahan)
·         Harga bahan baku yang berubah-ubah.
·         Produk tidak tahan lama.
·         Kue-kue ini jarang ditemui/sulit di dapatkan.

IV.3 Opportunity ( Kesempatan)
·         Produk ini memang sudah banyak ditemui dikalangan masyarakat.
·         Tidak merasa untuk tersaingi.
·         Belum ada produk pesaing yang ingin untuk memperoleh laba maksimal.

IV.4 Threats (Ancaman)
·         Banyak produk yang sejenis.
·         Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang produk saya.akan tetapi saya tetap berusaha untuk tetap mempromosikan produk kemasyarakat.
·         Persaingan usaha yang tidak sehat.



BAB V
PENUTUP


V.1 Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang teretera berdasarkan halaman sebelumnya.Saya dapat menarik kesimpulan bahwa untuk menjadi seseorang wirausaha yang baik hars pandai menciptakan peluang usaha yang banyak.Maka dari itu sebagai seorang wirausahawan saya harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelangan saya.Saya juga dituntun untuk dapat menerapkan prinsip berwirausahawan yang baik.

V.2 Saran
·         Bagi siswa/calon pelaku usaha yang baik harus mempunyai faktor-faktor apa saja yang diperlukan dalam berwirausahawan.
·         Bagi pihak sekolah SMKN 1 MALANG jangan pernah mengeluh /jenuh menyampaikan kepada siswa siswi SMKN 1 MALANG untuk menjadi seseorang yang mempunyai kemampuan yang baik.




No comments:

Post a Comment